Monday, August 11, 2014

ASUS ZenFone Smartphone Android Terbaik

Kabar gembira untuk kita semua, April 2014 lalu Asus merilis seri ZenFone terbaru yaitu ASUS ZenFone 6 setelah sebelumnya sukses dengan Zenfone 5 dan Zenfone 4.

Lha terus kabar gembira buat aku di bagian mananya, ham ?

Gini, kamu kan saya lihat suka banget tu yang namanaya foto-foto, apapun objek kamu fotoin pakai hp kesayangan kamu kan ? nah, kemunculan si ASUS ZenFone ini jadi kabar baik buat lu, karena ni Smartphone bakal bikin kerjaan kamu itu jadi lebih profesional.

Lho kok bisa gitu, ham ?

Selama ini kan kamu cuma manfaatin hp jadul kesayangan kamu itu kan buat foto ? nah, itu hasilnya kurang maksimal bro, mana kamera kamu cuma 2 MP ditambah gak ada autofocusnya lagi, ingat gak kejadian dulu, waktu kita nongkrong di depan rumahnya pak Haji, terus si Dino ngajakin kita foto bareng ? nah, itu hasil foto kamu jadi absurd -kata temen-temen lho ya- tapi saya pikir bener juga kata mereka, gimana gak absurd, foto yang awalnya kita berlima, kenapa di foto kamu itu yang nampil cuma jadi 4 orang ? terus si Riko diculik sapa coba ? kita semua awalnya mikir ada hal mistis disini, tapi setelah saya amati sambil nungging 2 hari 2 malam, ternyata si Riko bukan diculik atau digondol demit, tapi kulit dia yang gelap, bikin dia sukses membaur dengan alam, dan hasilnya dia bener-bener nyaris gak keliatan, selain itu faktor dari kamera kamu juga jadi penyebabnya, karena gak ada Flashnya. Nah dengan munculnya Smartphone Zenfone baik itu Zenfone 4, 5 maupun 6, semuanya saya yakin bakal jadiin kegiatan foto-foto kamu makin profesional dan gabakal ada lagi kejadian absurd seperti diatas.

Hhe, emang apa sih yang bikin Zenfone bisa ngalahin Hasil Jepretan Kameraku ?

ASUS ZenFone pada kameranya ada fitur yang dinamakan PixelMaster, nah di dalam PixelMaster ini ada banyak sekali efek yang bisa kamu terapin, misalnya kalau kita foto malem-malem yang notabenya minim pencahayaan kamu bisa aktifin Camera Low Light Mode, ni fungsinya biar hasil foto kamu jadi jelas (gak gelap). Selain mode Low Light, masih banyak lagi mode-mode lainnya seperti Dept of Field, Selfie dll. Nanti saya jelasin dah dibawah.

Setelah saya ceramahin kaya gitu, dia langsung ngacir buat beli Zenfone 6, dan sekarang dia sudah sukses jadi fotographer makanan profesional, awalnya dia cuma iseng ngereview makanan di blognya, jadi dia itu foto-foto makanan lalu diupload di blog, dan kemarin, tepatnya 20 Juni, dia dikontrak salah satu perusahaan untuk jadi fotograhper makanan buber. Setelah kontrak habis dia pilih jadi freelancer.

Dari cerita sigkat saya diatas, rasanya gak berlebihan jika kita sebut ASUS ZenFone Smartphone Android Terbaik. Banyak alasan kenapa saya anggap ASUS ZenFone Smartphone Android Terbaik, salah tiganya adalah karena :

  1. Corning Gorilla Glass 3
  2. Asus ZenUI
  3. PixelMaster

Asing dengan kata-kata diatas ? tenang aja, bakal saya jelasin kok.

1. ASUS ZenFone Smartphone Android Terbaik dengan Layar Gorilla Glass 3


Gorilla Glass 3 merupakan sebuah coating atau lapisan (layer tipis) untuk layar produksi dari Corning. Dan yang saya tau, di generas ketiga ini Corning mengklaim bahwa teknologi terbaru dari merek tersebut (gorilla glass 3) memungkinan layar smartphone tetap mulus dan tetap utuh mesti terjatuh sekalipun.

2. ASUS ZenFone Smartphone Android Terbaik dengan Antarmuka Asus ZenUI


ZenUi adalah Antarmuka terbaru (tampilan) yang khusus dibuat oleh Asus untuk smartphone Zenfone. Fitur ini juga gak kalah kerennya dibanding Gorilla Glass 3, karena ZenUI akan membuat ZenFone kalian terlihat indah, jadi bisa dibilang Smartphone Zenfone bukan hanya indah diluar saja, tapi juga indah dalamnya, tentunya itu berkat fitur ZenUI ini. Buat yang penasaran seperti apa sih dan apa saja fitur ZenUi, silahkan simak penjelasannya dibawah ini.

  • What’s Next

    Fitur ini memungkinkan kalian menempatkan informasi terkini, paling penting dan berguna pada pengguna, seperti jadwal meeting yang akan datang, pesan dan panggilan tak terjawab dari kontak VIP, cuaca di tempat tujuan, dan lain-lain pada bagian depan dan tengah lock screen, home screen dan panel notifikasi.

  • Do It Later

    Jujur saja, ini adalah fitur yang menurut saya cukup penting, karena di fitur ini kita bisa membuat list apa yang harus dilakukan hanya dengan menekan 1 tombol. Ni kejadian waktu temen saya telpon kemarin, karena lagi ngerjain tugas, jadi gak saya angkat tu telpon, karena saya takutnya malah gak fokus buat ngerjain ni tugas, dan ketakutan saya kedua adalah takut larut dalam obrolan. Nah, dengan adanya fitur Do It Later ini sangat ngebantu, karena tinggal tekan 1 tombol maka akan langsung membuat reminder untuk melakukan panggilan terhadap teman saya tadi. Bukan hanya panggilan telepon seluruh aktifitas seperti membaca artikel, menonton video, atau menyimpan laman situs apapun bisa disimpan di fitur ini, untuk nantinya dilihat di lain waktu

Selain kedua hal tersebut, yang paling saya suka dari ZenUI adalah fitur Zen Link, di fitur ini kita bisa berbagi apapun dengan berbagai cara, diantaranya ada Share Link, Party Link, Pc Link dan Remote Link

3. ASUS ZenFone Smartphone Android Terbaik dengan Kamera PixelMaster


Diatas sudah saya singgung tentang fitur ini kan ? dan sudah janji buat ngebahasnya. Disini kita cari tahu dulu apa sih PixelMaster itu ? sederhananya PixelMaster adalah teknologi dari ASUS yang menggabungkan software, hardware dan desain optik untuk memberikan kualitas gambar yang luar biasa. Setiap ASUS ZenFone baik itu Zenfone 4, Zenfone 5 ataupun Zenfone 6 memiliki PixelMaster. Di dalam PixelMaster ini ada banyak sekali fitur yang sangat membantu kita untuk menjadi fotographer profesional seperti apa yang saya bilang diatas, diantaranya ada.

  • Selfie Mode

    Selfie Mode PixelMaster Asus ZenFone

    Fitur berikutnya yang dimiliki oleh Asus adalah selfie mode yang disematkan pada kamera belakangnya untuk mendeteksi secara otomatis wajah didepan lensanya dan melakukan penghitungan mundur untuk kemudian membidik tiga gambar secara berurutan. Selanjutnya, user dapat memilih gambar bidikan mana yang paling pas untuk di-share di Instagram atau situs jejaring sosial lainnya.

  • High Sensor Quality

    High Sensor Quality PixelMaster Asus ZenFone

    Lensa Zenfone 5 dan 6 memiliki aperture f/2.0 yang diklaim mampu meningkatkan sensitivitas kamera dalam lingkungan berkondisi cahaya minim. Ini salah satu faktor pendukung fitur lain seperti Low-Light Mode yang sudah saya jelasin diatas.

  • Depth of Field Mode

    Depth of Field Mode PixelMaster Asus ZenFone

    Sesuai dengan namanya, Depth field mode memungkinkan user untuk memotret foto dengan objek utama yang lebih tajam serta objek di belakang yang lebih buram.

  • Time Rewind

    Time Rewind PixelMaster Asus ZenFone

    Fitur Time rewind memungkinkan kita untuk membidik 31 gambar secara berurutan pada rentang dua detik dan satu detik sebelum user memencet tombol shutter. Dengan demikian kita dapat memilih pose foto terbaik.

Jika masih penasaran seperti apa cara kerja fitur yang ada di PixelMaster, kalian bisa coba untuk menonton video pembukaan dari Asus yang berjudul Memperkenalkan ASUS ZenFone Smartphone Android Terbaik dan PadFone Mini. Di video tersebut kita akan dikenalkan fitur-fitur yang saya jelaskan diatas. Langsung saja tonton videonya dibawah ini.





Untuk yang kesusahan buffer, secara singkat video tersebut menjelaskan atau lebih tepatnya memperkenalkan kecanggihan ketiga smartphone Andalan Asus yaitu Zenfone 4, Zenfone 5 dan Zenfone 6.

ASUS ZenFone 4 Smartphone Android Terbaik


ASUS ZenFone 4 Smartphone Android Terbaik

ZenFone 4 adalah smartphone dengan layar 4 inci yang sangat mudah untuk dipersonalisasikan karena cover belakangnya dapat ditukar dengan pilihan berbagai warna.

Untuk dapur pacu ASUS ZenFone 4 telah ditenagai oleh prosesor Intel Atom Z2520 dual core dengan clockspeed 2 Ghz. Selain itu ASUS ZenFone juga sudah dilengkapi dukungan GPU PowerVR SGX544MP2 dan juga RAM sebesar 1 GB.

Layar dari ASUS ZenFone 4, seperti yang saya katakan diatas adalah berukuran 4" (~233 ppi pixel density)  dengan resoluis 480 x 800 pixels.

Sistem Operasi yang digunakan adalah Android v4.3 (Jelly Bean) dan bisa diupgrade ke versi 4.4.2 (KitKat).

Harga ASUS ZenFone 4 Rp 1.099.000

ASUS ZenFone 5 Smartphone Android Terbaik


ASUS ZenFone 5 Smartphone Android Terbaik

ASUS ZenFone 5 ini memiliki dimensi sebesar 148.2 x 72.8 x 10.3 dengan berat 140 gram. Zenfone 5 adalah satu-satunya smartphone dengan layar 5 inci besutan Asus yang memiliki resolusi 720 x 1280 piksel berteknologi HD dan IPS.

Spesifikasi dari ASUS ZenFone 5 ini tentunya mengalami peningkatan dari versi sebelumnya, baik dari segi Prosesor maupun Kamera.

Untuk prosesornya ASUS ZenFone 5 sudah menggunakan Intel Atom Z2580 dual-core 2 GHz. Tentunya sangat jauh lebih cepat dari versi sebelumnya (nyaris 2x lipat lebih cepat).

Dan dibagian kamera utama, Asus memberikan Kamera 8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED flash.

Sistem operasi di ASUS ZenFone 5 masih sama dengan ASUS ZenFone 5 yaitu masih-sama menggunakan OS Android v4.3 atau jelly bean, namun tetap bisa diupgrade ke versi selanjutnya.

Harga ASUS ZenFone 5 Rp 2.199.000

ASUS ZenFone 6 Smartphone Android Terbaik


ASUS ZenFone 6 Smartphone Android Terbaik

Smartphone Android Terbaik dari Asus selanjutnya adalah ASUS ZenFone 6. Smartphone dengan layar 6 inci terbaru dari ASUS. Alasan utama kenapa saya bilang ASUS ZenFone 6 adalah ASUS ZenFone Smartphone Android Terbaik dan tangguh antara lain karena beberapa alasan berikut ini :

  • Prosesor

    Dari segit prosesor tidak bisa diragukan lagi, dukungan Intel Atom Z2580 Dual-core 2 GHz bisa dibilang sudah sangat baik, bahkan prosesor yang digunakannya setara dengan prosesor yang ada di kebanyakan netbook.

  • Kamera

    Dan yang membuat saya terkejut adalah kamera utama dari ASUS ZenFone ini, dimana Asus membenamkan Kamera utama 13 MP resolusi 4128 x 3096 pixels dan juga ditambah dengan adanya fitur autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama. Membuat Kamera ASUS ZenFone bak kamera yang ada di Kamera Digital.

  • Konektivitas

    Untuk Segi konektivitas, ASUS ZenFone 6 telah didukung oleh fitur dual sim. Selain itu ASUS ZenFone ini sudah mendukung koneksi HSDPA, 42 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps selain itu juga dilengkapi Wi-Fi dan Bluetooth v4.0.

Harga ASUS ZenFone 6 Rp 3.099.000

Melihat berbagai hal diatas, tentu saja tidak berlebihan jika kita menyebut ASUS ZenFone 6 sebagai salah satu Smartphone Android Terbaik saat ini.

Gue rasa sampai disini dulu review mengenai ASUS ZenFone Smartphone Android Terbaik, apapun pilihannya, mau Zenfone 4, 5 atau 6 itu semua tergantung dari minat masing-masing. Tapi pastikan sesuai dengan kantong kalian.

1 comment: